Tuesday 27 May 2014

Penyebab Hardisk Cepat Rusak

Penyebab Hardisk Cepat Rusak,Minimnya pengetahuan anda mengenai dunia komputer seringkali menimbulkan masalah pada komputer atau laptop anda.Anda perlu belajar mengenai hal-hal yang terkait dengan gadget anda sendiri untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang sangat parah.

Penyebab terbesar dari Hardisk Yang Cepat Rusak adalah User itu sendiri karena ketidak tahuan cara merawat dan menggunakan hardisk dengan benar kemudian berujung pada kerusakan yang fatal.

penyebab hardisk rusak parah
Penyebab Harddisk Rusak Pada PC dan Laptop

Bagi anda yang sering teledor mungkin harus membaca penyebab-penyebab kerusakan yang terjadi pada hardisk laptop atau komputer anda berikut ini :

Melakukan Shut Down Dengan Cara Salah
Ini seringkali dilakukan oleh orang-orang yang awam di dunia komputer karena dia tidak tau akibat yang akan ditimbulkan. Pastikan anda menggunakan Opsi Shut down untuk benar-benar mematikan komputer.

Suhu Panas Yang Extrim
Penggunakan komputer atau laptop yang terlalu lama dan minimnya pendingin, sehingga harddisk menjadi panas dan komponen lemah dan mudah rusak.

Tegangan Listrik Tidak Normal
Kondisi ini mirip dengan cara nomor 1 diatas karena komputer sering mati secara tiba” tanpa melalui proses yang benar.Bukan hanya listrik padam saja, melainkan stabilitas dari listrik juga sangat berpengaruh. Saat listrik tidak stabil, sangat tidak disarankan untuk memaksa laptop dan komputer tetap beraktifitas, atau bisa dengan alternatif menggunakan UPS untuk menghindari gangguan listrik. Jika listrik sudah padam, lepas kabel power atau adapter charge dari stecker kemudian pasang lagi, untuk netralisasi tegangan.


Banyak File Sampah atau Tidak Berguna
Hal ini sering tidak pikirkan namun hal ini bisa menjadi hal yang fatal untuk hardisk. Pastikan file-file yang tidak berguna dan berformat asing Anda hapus. Selain itu file yang tidak tersusun rapi ternyata juga sangat tidak baik karena mengakibatkan bad selector pada Harddisk.

Guncangan Keras Menyebabkan Kerusakan Hardisk
Tahukan anda bahwa guncangan keras yang terjadi pada CPU beresiko menyebabkan kerusakan pada komponen Harddisk secara fisik.Pada saat bekerja, head Harddisk mengambang di atas permukaan piringan atau platter. Itulah mengapa guncangan maupun getaran bisa menyebabkan head Harddisk menyentuh bagian- bagian magnetik hard disk lain.

Sering Melakukan Instal dan Uninstal
Pasikan Anda hanya melakukan instalasi software yang berguna, jangan terlalu sering melakukan instalasi software lalu uninstal, termasuk juga instalasi OS. Hal ini lantaran saat melakukan proses tersebut Harddisk akan bekerja ekstra, jika sering kali dilakukan akan beresiko memperpendek usia Harddisk Anda.

Rangkuman diatas diambil dari berbagai sumber,semoga sedikit pengetahuan diatas dapat meminimalisir terjadinya Kerusakan Parah Pada Hardisk komputer/laptop anda.

0 comments:

Post a Comment