Tuesday 27 May 2014

Penyebab Hardisk Bad Sector

Penyebab Hardisk Bad Sector,Hardisk Komputer atau Laptop jika tidak pernah dirawat akan mengalami beberapa gangguan. Gangguan yang paling sering terjadi pada hardisk adalah Bad Sector.

    Baca Juga : Penyebab Hardisk Cepat Rusak

Jika terjadi Bad Sector maka akan menyebabkan OS tidak bisa berjalan dengan optimal, proses pengerjaan apapun berjalan lambat bahkan OS tidak bisa tampil karena melakukan restart terus-menerus.


Penyebab Bad Sector Pada Hardisk
Untuk meminimalisir terjadinya Bad Sector pada Hardisk anda sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab hardisk bad sector yang sudah dirangkum berikut ini :

1. Mematikan Komputer/Laptop Tidak Normal
Seringkali para pengguna komputer yang awam mematikan komputer tidak sesuai prosedur, misalnya dengan mencabut kabel power atau tombol power on-off. Hal ini akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Biasakan untuk menggunakan perintah “Shut Down” mematikan komputer.

2. Komputer Mati Secara Tiba-tiba
Karena pemadaman listrik di Indonesia sering terjadi,ini berdampak pada komputer yang mati secara tiba-tiba tidak sesuai prosedur dan akhirnya akan mengalami kerusakan terutama pada hardisk.

3. Tidak Pernah Dilakukan Harddisk Partition
Banyak file-file lama dan yang baru letaknya tidak beraturan menyebabkan penurunan kinerja pada hardisk dan proses loading berat.

4. Banyaknya Serangan Virus
Virus pada komputer tidak hanya menyerang data-data namun juga dapat merusak sistem operasi yang menyebabkan komputer sering Hang dan restart.

5. Usia Hardisk Yang Sudah Tua
Hardisk yang sudah berumur tua dengan pemakaian yang tinggi nantinya akan mengalami masalah pada sectornya, jadi perlu dilakukan penggantian Hardisk untuk mengembalikan performa komputer anda.

6. Hardisk Yang Terlalu Panas / Overheat
Penggunaan tegangan yang normal dari power supply yang baik turut serta memperpanjang usia agar terhindar dari harddisk bad sector.

7. Hadisk Terjatuh atau Tergoncang
Jika anda melepas harddisk keluar dari casing CPU pastikan tidak menaruh dan meletakkannya sembarangan. Jangan sampai harddisk terjatuh atau terguncang keras.

Itu dia beberapa penyebab bad sector pada hardisk, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

0 comments:

Post a Comment