Monday 28 October 2013

Register File OCX VB6 pada Windows 7

Adakalanya pada setiap pembuatan program membutuhkan tampilan atau disain yang bagus dan menarik, apalagi saat pembuatan program tersebut menggunakan Visual Basic 6. Mamang tampilan default / standard dari Visual Basic 6 itu kurang memuaskan bagi para desainer programer. Namun jangan khawatir, sudah banyak cara untuk membuat tampilan aplikasi VB6 kalian menjadi lebih wah dan lebih bagus. Salah satunya adalah dengan menambahkan komponen file OCX pada VB6 kalian, banyak variasi tampilan dari file OCX yang bisa kalian pilih. Diantaranya aplikasi dengan tampilan Windows XP, Vista, Linux, atau bahkan Apple (silahkan kalian googling ya hehe).

Menambahkan file ocx pada komponen VB6 kalian bukan berarti tidak ada masalah, terkadang file tersebut terbaca belum teregristrasi oleh sistem. Nah disini akan dibahas bagaimana cara registrasi file ocx vb6 pada windows 7, cekedot….
  1. Langkah awal adalah download terlebih dahulu file ocx yang kalian inginkan.
  2. Pindahkan file ocx pada direktori C:\Windows\system32
  3. Kemudian, buka cmd dengan klik kanan “Run As Administrator “
  4. Pindahkan direktory menjadi C:\Windows\system32 dengan cara  C:\User\Tohsiba\cd  C:\Windows\system32
  5. Jika sudah berganti menjadi  C:\Windows\system32\ lanjutkan dengan mengetik regsvr32.exe<spasi>file.ocx (yang tadi telah dicopyke system32) lalu tekan enter.
    Maka akan muncul dialog seperti dibawah ini :


http://soccerenz.wordpress.com/category/pemrograman/visual-basic-6/

0 comments:

Post a Comment